Selasa, 17 Desember 2019

Sintha FA_Filsafat Pps Pend Matematika 2019_Prof Marsigit_Tugas Akhir 3

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA

Dosen Pengampu : Prof. Dr. Marsigit, M. A.
Untuk Memenuhi Tugas Filsafat Ilmu

CALON JUDUL TESIS


JUDUL TESIS :
Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Problem Based Learning berbasis Etnomatika Mata Pelajaran Lingkaran Pada Siswa SMA di Yogyakarta

RUMUSAN MASALAH :
1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan penalaran matematis yang diberikan model Problem Based Learning berbasis etnomatika mata pelajaran lingkaran dengan siswa yang tidak diberikan model tersebut pada siswa SMA di Yogyakarta?
2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diberikan model Problem Based Learning berbasis etnomatika mata pelajaran lingkaran dengan siswa yang tidak diberikan model tersebut pada siswa SMA di Yogyakarta?

METODELOGI :
Penelitian  ini  termasuk  penelitian  tindakan  kelas  (PTK)  secara  kolaboratif  antara guru  mata  pelajaran  matematika  dan  peneliti.  Peran  guru  disini  adalah  sebagai  praktisi pembelajaran,  dan  juga  sebagai  perancang  dan  pengamat.  Guru dilibatkan sejak proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, hingga refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah 4 sekolah SMA IPA di Yogyakarta yang dipilih secara acak pada masing masing sekolah dimbil 1 kelas sebagai eksperimen dan 1 kelas sebagai kontrol. Waktu penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berlangsung pada tahun 2020.  Penelitian  ini  terdiri  dari  2  siklus  dengan  masing-masing  siklus  membutuhkan minimal 2 kali pertemuan. Tempat penelitian ini dilakukan kelas 11 MIPA di SMA Yogyakarta. Untuk mencapai target, peneliti membutuhkan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang  masing-masing  meliputi  empat  tahap  yaitu  perencanaan,  tindakan, pengamatan terhadap  jalannya  pembelajaran,  dan  refleksi  terhadap pelaksanaannya. Pada  siklus  I, untuk  pertemuan  1  tentang  definisi  dan  jenis-jenis  matriks.  Pada pertemuan 2 tentang tranpose dan  kesamaan  matriks.  Pada siklus II, pertemuan  I  tentang  penjumlahan matriks dan pertemuan 2 tentang pengurangan matriks. Analisis data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, dokumentasi, tes dan  catatn  lapangan. Analisis  data yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  dengan  menelaah  seluruh  sumber  tersebut. Teknik  analisis  data  dalam  penelitian  ini  adalah  analisis dekstriptif  untuk  mengetahui pelaksanaan  dan    hambatan-hambatan  yang  terjadi  dalam  pembelajaran  dengan  model pembelajaran    PBL    bernuanasa etnomatematika dan analisis kuantitatif untuk mengetahui  peningkatan  kemampuan  penalaran  matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan ketuntasan dan keadaan siswa di sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum maka indikator keberhasilan dalam penelitian ini sebagai berikut.
a.Peningkatan  kemampuan  penalaran  matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis  siswa  dari  satu  siklus  ke  siklus berikutnya
b.Penalaran  matematis dan pemahaman konsep  siswa  secara  klasikal  minimal  75%  siswa  telah  memperoleh nilai ≥75. (pre test + simpangan bakunya)

6 komentar: