FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA
Dosen Pengampu : Prof. Dr. Marsigit, M. A.
Untuk Memenuhi Tugas Filsafat Ilmu
JUDUL TESIS :
Peningkatan Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Problem Based Learning berbasis Etnomatika Mata Pelajaran Lingkaran Pada Siswa SMA di Yogyakarta
RUMUSAN MASALAH :
1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan penalaran matematis yang diberikan model Problem Based Learning berbasis etnomatika mata pelajaran lingkaran dengan siswa yang tidak diberikan model tersebut pada siswa SMA di Yogyakarta?
2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diberikan model Problem Based Learning berbasis etnomatika mata pelajaran lingkaran dengan siswa yang tidak diberikan model tersebut pada siswa SMA di Yogyakarta?
METODELOGI :
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) secara kolaboratif antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Peran guru disini adalah sebagai praktisi pembelajaran, dan juga sebagai perancang dan pengamat. Guru dilibatkan sejak proses perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, hingga refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah 4 sekolah SMA IPA di Yogyakarta yang dipilih secara acak pada masing masing sekolah dimbil 1 kelas sebagai eksperimen dan 1 kelas sebagai kontrol. Waktu penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berlangsung pada tahun 2020. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus membutuhkan minimal 2 kali pertemuan. Tempat penelitian ini dilakukan kelas 11 MIPA di SMA Yogyakarta. Untuk mencapai target, peneliti membutuhkan 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan terhadap jalannya pembelajaran, dan refleksi terhadap pelaksanaannya. Pada siklus I, untuk pertemuan 1 tentang definisi dan jenis-jenis matriks. Pada pertemuan 2 tentang tranpose dan kesamaan matriks. Pada siklus II, pertemuan I tentang penjumlahan matriks dan pertemuan 2 tentang pengurangan matriks. Analisis data dalam penelitian ini berupa lembar observasi, dokumentasi, tes dan catatn lapangan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menelaah seluruh sumber tersebut. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis dekstriptif untuk mengetahui pelaksanaan dan hambatan-hambatan yang terjadi dalam pembelajaran dengan model pembelajaran PBL bernuanasa etnomatematika dan analisis kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan ketuntasan dan keadaan siswa di sekolah yang disesuaikan dengan kurikulum maka indikator keberhasilan dalam penelitian ini sebagai berikut.
a.Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dari satu siklus ke siklus berikutnya
b.Penalaran matematis dan pemahaman konsep siswa secara klasikal minimal 75% siswa telah memperoleh nilai ≥75. (pre test + simpangan bakunya)
sukses mba semoga Filsafat Ilmunya nilainya A amiiin
BalasHapusWah, bagus sekali judul thesis nya mba sintha :)
BalasHapusBisa ae vie ..
HapusIni baru tugas kok mb lovie
HapusBelum yang beneran .. hehe
Makasih loh Vieee .. wkwkwkwkw
BalasHapusAmin mas irulll
BalasHapus